Selasa, 01 Mei 2012

Sangat Viral Isl | Persib 0-1 Persipura


Persipura Jayapura kembali meraih hasil kasatmata ketika dijamu tuan rumah Persib Bandung di Stadion Siliwangi Bandung, tim Mutiara Hitam berhasil mempermalukan tuan rumah Persib dengan skor 0 -1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) pada Minggu (29/04). Gol semata wayang Persipura dicetak oleh striker andalannya Alberto’Beto’ Goncalves.

Bermain tanpa penonton menciptakan Persipura lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Beberapa kali penetrasi dari Ian Louis dan Yustinus Pae melalui sisi lapangan menciptakan pertahanan Persib kocak kacir. Dua puluh menit pertama, kedua tim lebih bermain monoton sambil mencari-cari peluang untuk melancarkan serangan. Pada menit ke-29, penetrasi Ian Louis Kabes di dalam kotak penalty menerima ganjalan yang keras dari Henda Ridwan, namun wasit Yandri yang memimpin pertandingan ini tidak melihatnya sebagai pelanggaran.

Selepas itu, Persipura terlihat lebih santai dan Persib sudah mulai melaksanakan serangan ke jantung pertahanan Persipura.  Pada menit ke-34, shooting keras dari Aliyudin di dalam kotak penalty masih bisa ditepis oleh Yoo Jae Hoon.

Pada menit ke-40 Bio Paulin menerima kartu kuning sehabis melaksanakan tandukan ke kepala Noh Alam Shah, wasit menawarkan kartu kuning kepada Bio. Sampai babak pertama usai, skor 0 – 0 tidak berubah.

Babak kedua di mulai, Persipura tetap menguasai pertandingan. Petaka bgai Persib tiba di menit ke-53, bermaksud untuk membuang bola dari dalam kotak penalty, M. Nasuha menendang bola yang mengenai tangannya sendiri. Wasit Yandri yang melihat bencana itu tak segan-segan menunjuk titik putih. Alberto ‘Beto’ Goncalves yang menjadi eksekutor sukses menjebol gawang Persib yang di kawal Cecep, tendangannya sempat ditepis Cecep, namun derasnya bola menciptakan bola tetap masuk ke dalam gawang. Persipura unggul 0 – 1 atas Persib. 

Selepas Gol tersebut, Persib bereaksi dengan memasukkan M. Ilham untuk menggantikan Hendra Ridwan. Pada menit ke-60 Persipura juga melaksanakan pergantian pemain, Choi Dong Soo masuk menggantikan Ian Louis Kabes.

Persib terus melaksanakan serangan ke pertahanan Persipura, kembali Aliyudin yang mengancam, tendangan kerasnya dari luar kotak penalty masih bisa di blok Yoo Jae Hoon. Pada menit ke-65, Persib kembali memasukkan Roby Gaspar untuk menggantikan Tony Sucipto.

Persipura tetap bermain santai dan menjaga di kawasan sendiri, kemudian sesekali melaksanakan serangan balik yang di komandoi oleh Playmakernya Zah Rahan. Namun beberapa kali serangan Persipura masih bisa diputuskan oleh Maman Abdurahman dan kawan-kawan.

Persib beberapa kali melaksanakan shooting dari luar kotak penalty, mereka seolah-olah putus asa dengan solidnya pertahanan Persipura yang di galang Ricardo cs.

Petaka di meit ke-75 bagi Persipura, Bio Paulin menerima kartu kuning kedua sehabis melaksanakan pelanggaran kepada Noh Alam Shah, wasit pun mengeluarkan kartu merah bagi Bio. Pelatih Robby Darwis kembali memasukkan Budiawan untuk mengganti M. Nasuha.  Dan pada menit ke-84, Jacksen kembali memasukkan Lukas Mandowen untuk menggantikan sang pencetak Gol Beto. gres masuk beberapa detik, Lukas Mandowen pribadi mengancam, namun tendangannya masih menyamping.

Kemudian 2 menit berselang Persipura kembali memasukkan Daniel Tata untuk mengganti Imanuel Wanggai yang sepertinya mengalamai sedikit duduk perkara dengan kakinya. Tersisa lima menit menciptakan Persib terus menekan pertahanan Persipura, serangan terus menerus  melalui kedua sayap terus di gencarkan, namun pertahannya Persipura masih sangat kuat. Namun sampai wasit meniup pluit babak kedua selesai, skor  0 – 1 untuk Persipura tidak berubah.

Dengan kemenangan ini, Persipura terus melekat ketat pimpinan klasmen sementara Sriwijaya FC, kedua tim mempunyai poin sama adalah 48, namun Sriwijaya masih menyimpan satu pertandingan yang belum mereka jalani. (RWN) 

Susunan Pemain :

Persib : Cecep S, Maman A, Abanda H, M. Nasuha (80’ Budiawan), Zulkifli S, Tony S (65’ Roby Gaspar), Miljan R, Atep, Hendra R (57’ M. Ilham), Aliyudin, Noh Alam.

Persipura : Yoo JH, Bio P, Ricardo S, Victor P, Ortizan S, Gerald P, I. Wanggai (86’ Daniel Tata), Ian K (60’ Cho Dong Soo), Zah R, Yustinus P, Albertho G (84’ Lukas Mandowen).