Sabtu, 04 Maret 2017

Sangat Viral Persipura 1 Dari 3 Klub Di Indonesia Yang Miliki Lisensi Standar Afc

InfoPersipura.com /Jakarta – Mahajan Vasudevan Nair, Head of Club Licensing menyampaikan sampai sekarang hanya tiga klub Indonesia yang memenuhi standar lisensi klub yang ditetapkan federasi sepakbola Asia (AFC) yakni Persib Bandung, Arema FC dan Persipura.


Tentunya ini menciptakan AFC melaksanakan sosialisasi kepada klub-klub Indonesia semoga mendapat lisensi dari AFC. Lisensi ini nantinya menjadi bekal supaya mereka sanggup berkompetisi di level Asia.

Sosialisasi sendiri dilakukan oleh AFC yang diwakili oleh Visakan Subramanian (AFC Development Officer) dan Mahajan Vasudevan Nair (Head of Club Licensing), di kantor PSSI, Jakarta, 3-4 Maret 2017. Dalam hal ini ada perwakilan 15 klub Liga 1 yang tiba bertemu dengan AFC, minus Barito Putera, Mitra Kukar dan PBFC. Untuk mendapat lisensi AFC, setiap klub harus memenuhi 49 persyaratan Pestandard yang diberlakukan AFC.

Hal terpenting dari 49 poin tersebut ada lima aspek yakni legalitas, finansial, personel dan administrasi, infrastruktur, serta sporting (pembinaan usia muda). Mengingat, klub-klub di Indonesia sudah mulai menjalankan hal itu semenjak 2009. “Sejauh ini gres ada tiga klub yang memenuhi club lisencing, yaitu Persib Bandung, Arema FC, dan Persipura. Sisa klub harus sanggup mengejar ketinggalan. Paling banyak kekurangan klub untuk memenuhi regulasi ini yaitu infrastruktur,” Mahajan Vasudevan. Penerapan lisensi ini sangat penting dilakukan semoga meningkatkan kualitas kompetisi, manajemen klub dan industri sepakbola Indonesia secara keseluruhan secara bersiklus untuk masa yang akan datang.

PSSI juga berharap klub di Indonesia tidak hanya tiga saja yang sanggup memenuhinya. “Jadi kami berharap semua klub penerima Liga 1 harus bekerja keras memenuhi club lisencing. Barangkali top five atau top seven klub sanggup memenuhinya,” kata Ade Wellington, Sekjen PSSI. Sebelumnya AFC memperlihatkan tenggat waktu semoga klub Indonesia mengajukan seluruh persyaratan yang diperlukan untuk mendapat lisensi klub profesional AFC dimulai 1 April 2017 dan ditutup pada 31 Oktober 2017.