Senin, 16 April 2012

Sangat Viral Derby Jayapura Berakhir 1-1

Mutiara Hitam berhasil menahan imbang 1 - 1 saudara mudanya Persidafon Dadonsoro dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Barnabas Youwe pada Senin (09/04).

Didukung oleh ribuan suporternya, Persidafon lebih dulu menggempur pertahanan Persipura, namun ketatnya pertahanan tim tamu menciptakan Persidafon selalu gagal mencetak gol. Kedua tim bermain dalam tempo yang tinggi dan saling jual beli serangan.

Persipura terus menguasai ball possession dengan baik, sementara tuan rumah yang di pimpin oleh Edu Ivakdalam lebih banyak menunggu kesempatan yang baik. Akhirnya kesempatan tersebut datang, melalui serangan balik, Persidafon berhasil mencetak gol. Tepatnya menit ke-25 Patrick Wanggai berhasil melaksanakan penetrasi ke dalam kotak penalty Persipura dan di akhiri dengan shooting yang gagal diantisipasi oleh Yoo Jae Hoon. Skor sementara, Persidafon unggul 1 – 0 atas Persipura.

Tak butuh waktu lama, hanya berselang semenit yaitu pada mneit ke-26, Persipura Jayapura berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1. Melalui kolaborasi dan serangan yang sangat baik, playmaker Persipura Jayapura, Zah Rahan menaklukan Celcius Gebze. Sontekannya gagal diamankan oleh kiper asal Papua tersebut.

Setelah terjadi gol, kedua tim tetap bermain dengan cepat, beberapa kali terjadi duel di lapangan tengah kedua tim. Edu Ivakdalam memimpin Persidafon, sedangkan Zah Rahan terus menjaga lapangan tengah Persipura. Kemudia banyak serangan yang terjadi, namun pemain bertahan kedua tim bisa mementahkan serangan tersebut. Skor 1 – 1 menutup babak pertama.

Awal babak kedua, Persipura yang turun dengan dua strikernya, Beto dan Lukas Mandowen lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Zah Rahan terus berusaha menerobos pertahanan Persidafon dan beberapa kali crossing-crossing dilakukan, namun tak ada pemain yang bisa menjebol gawang Persipura.

Pada menit ke-60, instruktur Jacksen F. Tiago menurunkan pemain anyarnya Choi Dong Soo untuk mengganti Lukas Mandowen. Pemain asal Korea Selatan dengan nomor punggung 8 ini gres saja menekan kontrak dengan Persipura. Baru masuk beberapa menit, kerja samanya dengan Beto menghasilkan peluang, namun gagal mejadi gol alasannya ialah tendangannya masih menyamping.

Pada babak kedua, Persidafon tak banyak melaksanakan serangan, Persipura lebih menguasai babak kedua dengan bermain ball Possesion. Dan pada menit ke-87, Jacksen menarik keluar Yustinus Pae dan memasukkan David Laly.

Sampai wasit meniup pluitibabak kedua telah usai, skor 1 – 1 tetap bertahan. Dengan hasil ini, Persipura tetap berada di posisi kedua dan berhasil menyamai poin dari Sriwijaya FC dengan 36 poin, namun Persipura kalah selisih gol dari tim Palembang tersebut. (rwn)