Senin, 16 April 2012

Sangat Viral Hadapi Persela, Persipura Harus Kerja Keras

Persipura Jayapura harus bekerja keras kala menghadapi tamunya Persela Lamongan dalam lanjutan Indonesia Super League 2011/2012 yang akan digelar besok sore (13/4) di Stadion Mandala, Jayapura. Hal ini disampaikan instruktur kepala Persipura, Jacksen Tiago kepada beberapa wartawan ketika konferensi pers.

Dikatakan Jacksen, mempunyai dua pelengkap pemain yang dimiliki Persela tentu menciptakan Persipura harus meragukan tekanan-tekanan yang akan dilakukan oleh tim asal Lamongan tersebut. Oleh sebab itu diperlukan anak asuhnya sanggup menampilkan yang terbaik pada langgar besok.

Terkait Boaz Solossa dan Imanuel Wanggai yang belum diturunkan pada langgar terakhir Persipura kontra Persidafon (09/4) beberapa hari yang lalu, Jacksen menjelaskan bahwa kondisi keduanya sudah mulai membaik. Hal itu bisa dibuktikan ketika latihan pagi tadi di Stadion Mandala, Boaz dan Manu terlihat sudah bergabung dengan rekan-rekan yang lain.  Dengan demikian, untuk keduanya kemungkinan besar akan diturunkan pada langgar besok sore.

Persipura – Persela

Kedua tim (Persipura dan Persela) telah bertemu sebanyak 13 kali semenjak animo 2004/2005 (Divisi Utama). Persipura berhasil menang sebanyak 8 kali, sedangkan Persela hanya bisa mengalahkan Persipura 1 kali, dan sisanya berakhir seri. Persipura tak pernah kalah kalau bermain di Mandala ketika bermain melawan Persela, rekornya 4 kali menang, dan 3 kali seri.

13 kali kedua tim bertemu, Persipura sukses menjebol gawang Persela sebanyak 19 kali dan Persela bisa menjebol gawang Persipura sebanyak 4 kali. Pemain Persipura yang paling sering mencetak gol ketika kedua tim ini bertemu ialah Boaz Solossa (6goal), diikuti Beto (4goal).

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di stadion Surajaya Lamongan. Saat itu Persipura unggul penguasaan bola 40 : 60, skor simpulan 0 - 0. Hasil seri tersebut sekaligus memperbaiki rekor Persela kala menjamu tim Mutiara Hitam dalam 7 pertemuan terakhir kedua tim. Persela sendiri tak terkalahkan dalam 3 langgar terakhirnya dimana 3 langgar tersebut berakhir seri. Sedangkan Persipura mempunyai rekor yg lebih apik lagi, tak pernah kalah dalam 6 langgar terakhirnya baik di sangkar maupun tandang.

Musim ini Persipura hanya kehilangan 4 poin dalam langgar kandangnya, seri 3-3 dengan Persisam dan 1-1 ketika bertemu Persiwa. aat ini Persela berada di peringkat ke-4 dengan 28 poin, terpaut 8 poin dari Persipura yang berada di peringkat ke-2 dengan 36 poin. Persipura mempunyai persentase tertinggi pada menit ke 30-45 utk mencetak gol, sedangkan Persela sering mencetak gol di menit ke 0-15.

Persipura mempunyai rata2 2.56 utk mencetak gol kalau bermain home, artinya Persipura minimal bisa mencetak 1 gol disetiap langgar homenya. Sedangkan Persela mempunyai rata2 1.20 untuk mencetak goal dalam langgar awaynya. Top scorer Persipura ketika ini ialah Beto dengan 10 goal dan top scorer bagi Persela ialah M. Costa juga dengan 10 goal.

Pada pertandingan terakhir di ISL, kedua tim sama-sama bermain seri dengan lawannya. Persipura berhasil mencuri 1 poin dari Persidafon, sedangkan Persela bisa menahan imbang tuan rumah Persiba. Hasil seri dengan Persidafon ini menciptakan Persipura tak terkalahkan dalam 6 langgar terakhirnya, baik di sangkar maupun tandang. Beto, Ian K, Lukas M, dan Tinus Pae ialah pemain yang tak pernah mangkir membela Persipura pada ISL hingga pertandingan terakhir kemarin.(C/E)