Senin, 26 Maret 2012

Sangat Viral Gol Beto Menangkan Persipura

Turun tanpa sang kapten, Boaz Solossa alasannya masih dibekap cedera, Persipura bisa mempermalukan tim tuan rumah Arema Indonesia dengan skor 1 – 2 pada lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Std. Kanjuruhan malang, Rabu(28/03). Gol-gol kemenangan Persipura dicatak oleh Zah Rahan dan Beto, kemudian gol tanggapan Arema dicetak oleh Firmansyah. 
 
Babak pertama dimulai, Persipura pribadi berinisiatif untuk menekan pertahanan Arema. Beberapa kali skill individu pemain sayap Persipura bisa menembus pertahanan Arema, namun kurangnya Finishing Touch menjadi salah satu problem bagi Persipura.

Tepatnya pada menit ke-6, memanfaatkan sodoran dari Ian Kabes, Yustinus Pae berhasil melaksanakan shooting keras ke arah gawang Arema dan bisa ditepis oleh kiper Ahmad Kurniawan, namun bola liar tersebut berhasil disambar oleh Zah Rahan yang bisa menjebol gawang Arema. Persipura unggul 0 – 1 atas Arema.

Tersentak oleh gol Persipura, Arema mencoba menaikkan tempo permainan. Beberapa kali Marcio Souza dan Rodrigo Santoni melaksanakan tekanan kepada pertahanan Persipura, namun pertahanan Persipura yang digalang Ricardo cs masih cukup tanggung untuk memblok serangan Arema.

Persipura pun tidak hanya diam, dengan melaksanakan ball possession, tim berjuluk Mutiara Hitam ini tetap menguasai pertandingan. Beberapa kali aksi-aksi Zah Rahan bisa lolos dari pertahanan Arema. Pada menit ke-34, pelanggaran Ortizan kepada Firmansyah disisi kiri pertahanan Persipura berakibat kartu kuning untuk Ortizan.  Skor 0 – 1 untuk keunggulan Persipura menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago memasukkan Lukas Mandowen untuk mengganti Moses Banggo yang kurang efektif di babak pertama. Namun pertandingan babak kedua memasuki menit ke-38, Arema bisa menyamakan kedudukan. Memanfaatkan sodoran dari Rodrigo Santoni, Firmansyah berhasil melaksanakan shooting keras yang gagal diantisipasi oleh Yoo Jae Hoon. Skor pun menjadi imbang 1 – 1.

Setelah kebobolan, tim Persipura berusaha lebih efektif lagi untuk membangun serangan. Beberapa kali kolaborasi antara Beto dan Zah Rahan berhasil menunjukkan terkanan yang berarti kepada pertahana Arema. Pada menit ke-60, Bio Paulin diganjar kartu kuning sesudah melaksanakan pelanggaran keras kepada Ridrigo. Pertandingan menjadi lebih panas sesudah pelanggraan tersebut. Kembali Imanuel Wanggai menerima kartu kunign sesudah melaksanakan pelanggaran kepada Rodrigo Santoni.

Pada menit ke-76, Jacksen kembali memasukkan David Laly untuk mengganti Yustinus Pae. Pada pertandingan tersebut, ada sedikit problem kecil di dalam lapangan saat wasit menunjukkan kartu kuning kepada Yohanis Tjoe, yang dianggap melaksanakan pelanggaran kepada pemain Arema, namun pada  tayangan ulang bencana tersebut, Yohanis Tjoe tidak melaksanakan perlanggaran apapun terhadap pemain Arema. Karena bencana Yohanis Tjoe tersebut, pertandingan sempat dilarang beberapa menit alasannya staff Kepelatihan Persipura memprotes keras kartu kuning tersebut. Akhirnya sesudah melaksanakan diskusi, pertandingan kembali dilanjutkan.

Pada menit ke-92, melalui serangan balik yang cepat, Persipura kembali menjebol gawang ahmad Kurniawan. Crossing manis dari Ortizan Solossa, bisa di sundul oleh alberto ‘Beto’ Goncalves yang gagal diantisipasi Ahmad Kurniawan. Skor pun menjelma 1 – 2 untuk Persipura dan bertahan sampai wasit meniup tanda babak kedua terlah selesai.

Dengan kemenangan ini, Persipura terus membuntuti Sriwijaya FC di daftar klasmen sementara ISL. Persipura mempunyai 34 poin dari 16 kali, dan hanya terpaut 2 poin dari Sriwijaya FC dengan 36 poin dari 17 kali bermain. (RWN)