Selasa, 06 Maret 2012

Sangat Viral Persipura Atasi Pelita Jaya

Persipura Jayapura kembali meraih poin penuh saat berhasil mengalahkan Pelita Jaya dengan skor 2 – 1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (03/03).
 
Pada awal-awal tabrak kedua tim bermain dengan tempo yang sedikit lambat. Tim Persipura mulai menaikkan tempo permainan dengan bermain bergairah dan memainkan ball possession, sedangkan tim tamu hanya menunggu di tempat sendiri dan sesekali melaksanakan serangan balik. Pemain Persipura beberapa kali melaksanakan tusukan-tusukan yang berarti kepada pertahanan Pelita Jaya.

Setelah melaksanakan tekanan yang berarti ke pertahanan Pelita, kesudahannya pada menit ke-25, melalui aksi Boaz di sisi kiri pertahanan Pelita, kapten Persipura ini berhasil melaksanakan crossing ke dalam kotak penalty, dengan damai Alberto ‘Beto’ Goncalves berhasil menanduk bola yang gagal diantisipasi oleh kiper Pelita. Persipura pun unggul 1 – 0 atas Pelita. 

Berhasil mencetak gol, Persipura semakin termotivasi untuk mencetak gol. Namun penyelesaian simpulan menjadi duduk masalah bagi tim berjuluk ‘Mutiara Hitam’ ini. Skor 1 – 0 bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tepatnya menit ke-57, pelanggaran yang dilakukan oleh Ortizan Solossa kepada Jhon Takpor menghasilkan tendangan bebas. Tendangan bebas tersebut berhasil dimanfaatkan oleh pemain bertahan Pelita, Stanislav Zhelev Zhekov  untuk mencetak gol. Sundulannya gagal diantisipasi oleh Yoo Jae Hoon. Pelita berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1.

Kebobolan menciptakan pertandingan menjadi sangat seru. Pelatih Jacksen F. Tiago, memasukkan Yustinus Pae untuk menggantikan Yohanis Tjoe. Kemudian Imanuel Wanggai juga dimasukkan untuk menggantikan Ortizan Solossa. Pemain bernomor punggung 11 ini dimasukkan untuk menambah kekuatan pada lapangan tengah Persipura.

Pelita yang terlihat berusaha untuk menjaga hasil seri ini melaksanakan pelanggaran-pelanggaran yang keras. Namun pada menit ke-71, kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa menciptakan publik tuan rumah kembali bergemuruh lewat gol cantiknya. Melakukan kolaborasi yang apik dengan Zah Rahan, pemain bernomor punggung 10 ini memperlihatkan umpan manis kepada Boaz yang sudah sempurna berada di depan gawang Pelita, dengan satu kali sentuhan yang berhasil mengecoh kiper Pelita, pemain asal sorong ini melaksanakan shooting yang gagal di antisipasi oleh pemain bertahan Pelita yang sudah menutup gawang. Persipura kembali unggul 2 – 1 atas pelita.

Selepas gol dari Boaz, instruktur Jacksen kembali memasukkan Lukas Mandowen untuk menggantikan Beto. Persipura terlihat sudah cukup puas dengan kemenangan tersebut, tim Persipura bermain dengan tempo yang lambat. Skor 2 – 1 untuk kemenangan Persipura bertahan sampai babak kedua selesai.

Kemenangan ini menciptakan Persipura naik ke posisi kedua di bawah Sriwijaya FC dengan sama-sama mempunyai 30 poin, namun Persipura hanya kalah dalam selisih gol. (rwn)