Kamis, 01 Maret 2012

Sangat Viral Mutiara Hitam Libas Maung Bandung 4-0

Persipura Jayapura kembali menunjukan keperkasaannya sehabis bisa membantai tamunya Persib Bandung dengan skor telak 4 – 0 pada langgar lanjutan Indonesia Super League (ISL), senin (27/02) di Stadion Mandala Jayapura.
 
Pada awal-awal langgar kedua tim bermain lebih hati-hati alasannya cuaca terik matahari di Mandala, namun Persipura yang sudah terbiasa dengan situasi tersebut bisa memanfaatkan keadaan.

Striker Persipura Jayapura asal Brazil, Alberto ‘Beto’ Goncalves lebih dulu mengancam pertahanan Persib. Setelah menerima sodoran dari Boaz, Beto pribadi berhadapan dengan kiper Persib, Jendry Pitoy, namun mantan kiper Persipura itu mengganjal kaki Beto di luar kotak penalty yang berujung kartu kuning untuk dirinya. Boaz yang menjadi algojo free kick tersebut tidak menyia-nyiakan peluang tersebut, tendangan kerasnya bisa menjebol gawang Persib sehabis sempat mengenai tubuh pemain Persib. Skor berbuah 1 – 0 untuk keunggulan Persipura. Ini yaitu gol pertama Boaz sehabis sempat bolos sekitar 3 ahad lebih akhir cedera.

Setelah ketinggalan, Persib mulai meningkatkan tempo permainan,  Atep hampir saja menjebol gawang Persipura namun tendangannya masih membentur mistar gawang. Pertandingan sempat terhenti akhir penonton yang tidak terima alasannya Ricardo Salampessy diganjar kartu kuning oleh wasit Olehadi sehabis melanggar Airlangga Sucipto. Panitia pelaksana pun berusaha menenangkan para penonton dan langgar tersebut kembali dilanjutkan.

Pada menit ke-38, Persipura kembali manambah keunggulan melalui Ian Louis Kabes. Berawal dari kolaborasi satu dua yang apik antara Ian Kabes dan Boaz, kemudian kemudian Boaz kembali menyodorkan bola kepada Ian Kabes yang telah berlari melewati beberapa pemain bertahan Persib, tanpa susah Ian Kabes menchip bola melewati Jendry Pitoy yang berujung gol. Persipura kembali menambah keunggulan menjadi 2 – 0.

Setelah unggul 2 – 0, Persipura tak henti-hentinya menekan pertahan Persib Bandung. Tepatnya pada menit ke-43, tendangan sudut yang dilakukan oleh Titus Bonay ke dalam kotak penalty salah diantisipasi oleh pemain bertahan Persib, Jajang Sukmara yang kembali menambah keunggulan Persipura menjadi 3 – 0. Skor tersebut menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persipura terus menekan pertahanan Persib menyerupai pada babak pertama. Kali ini Beto yang memperoleh peluang, namun tendangannya bisa di blok oleh Jendry Pitoy dan menghasilan tendangan sudut.

Nampaknya pada ketika itu bukan hari yang indah buat mantan kiper Persipura, Jendry Pitoy. Pada menit ke-56, Ian Louis Kabes berhasil mengirimkan umpan ke dalam kotak penalty sehabis melewati pemain bertahan Persib, Titus Bonay yang tak terkawal sukses menjebol gawang Jendry Pitoy. Keunggulan Persipura bertambah menjadi 4 – 0 atas Persib Bandung.

Pada menit ke-65, instruktur Jacksen F. Tiago memasukkan Lukas Mandowen dan menarik keluar Titus Bonay. Pergantian tersebut tak sia-sia, pemain bernomor punggung 33 ini bisa melaksanakan shooting keras namun tendangannya masih membentur mistar gawang Persib Bandung.

Beberapa kali pemain Persib berusaha melaksanakan serangan balik namun kokohnya pertahanan Persipura yang digalang Ricardo cs tak bisa dilewati oleh pernyerang-penyerang Persib. Tepatnya pada menit ke-70, pemain yang telah bolos lama, Imanuel Wanggai masuk menggantikan Ian Louis Kabes, tepuk tangan dari masyarakat Papua menggiring pemain ini masuk ke dalam lapangan. Sisa 20 menit terakhir, Persipura nampaknya sudah puas dengan keunggulan 4 – 0, serangan yang dilakukan tim ‘Mutiara Hitam’ ini tak segencar serangan-seranagn sebelumnya. Pada menit ke-79, Jacksen kembali memasukkan Victor Pae untuk menggantikan sang abang Yustinus pae. Skor 4 – 0 tetap bertahan sampai babak kedua usai.

Tambahan tiga poin menciptakan Persipura sekarang berada di urutan kedua klasemen sementara ISL 2011-12. Dengan koleksi 27 poin, Persipura melekat ketat pimpinan klasemen Sriwijaya FC yang juga mengoleksi 27 poin. Kedua tim sekarang hanya dipisahkan selisih gol.  (rwn)