Selasa, 21 Februari 2012

Sangat Viral Persipura Akui Kekuatan Adelaide United

Persipura Jayapura harus mengakui keunggulan 3 – 0 atas Adelaide United dalam tabrak play-off LCA di Hindmarsh Stadium. Kekalahan tersebut sekaligus mengubur peluang skuad asuhan Jacksen F. Tiago mewakili Indonesia di ajang Liga Champions Asia.

Pada awal-awal tabrak Adelaide United lebih mendominasi permainan, beberapa kali serangannya bisa merepotkan pertahanan Persipura yang digalang Ricardo cs. Setelah beberapa kali merepotkan pertahanan Persipura, Adelaide kesudahannya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-12, memanfaatkan tendangan sudut, Nigel Boogaard berhasil menceploskan bola melalui sontekannya yang tidak bisa diantisipasi oleh kiper Yoo Jae Hoon. Adelaide unggul 1 – 0 atas Persipura.
Beberapa menit berselang, tim adal Australia ini hampir saja meniru keunggulan namun tendangan dari Ramsay masih membentuk tiang gawang. Persipura pun merespon dengan memasukkan Zah Rahan untul menggantikan Imanuel Padwa.
Masuknya Zah rahan menciptakan perbedaan pada serangan Persipura. Hasilnya pada menit ke-29, berkat sodoran dari Zah Rahan kepada Tibo yang sudah berhadapan dengan kiper Adelaide, namun kiper Adelaide bisa mengamankan bola kemudian bola liar tersebut jatuh ke kaki Yustinus Pae yang melaksanakan shooting keras namun tendangannya masih tipis di atas mistar gawang.
Beberapa kali kedua tim melaksanakan jual beli serangan dan banyak terjadi duel dilapangan tengah kedua tim, namun skor 1 – 0 bertahan sampai babak pertama usai.
Pada awal babak kedua, Adelaide kembali menekan pertahanan Persipura. Malam itu Persipura patut berterima kasih kepada kiper Yoo Jae Hoon, kiper asal Korea Selatan tersebut bisa menepis sundulan Ditje yang bangun bebas di dalam kotak penalty. Tiga menit berselang, pemain Belanda keturunan Indonesia, Sergio Van Dijk, hampir mengubah skor, namun Ricardo Salampessy bisa memblok bola dan hanya menghasilkan tendangan sudut untuk Adelaide United.

Adelaide United kembali menambah golnya sehabis tendangan dari Levchenko memanfaatkan sundulan dari Osama Malic tidak bisa diantisipasi kiper Persipura. Skor bertambah 2 – 0 untuk Adelaide.
Pelatih Jacksen F. Tiago merespon dengan memasukkan Lukas Mandowen untuk menggantikan Moses Banggo. Pada menit ke-71, Lukas Mandowen hampir saja mengubah skor, sehabis berhasil mengelabuhi pemain bertahan Adelaide, pemain mungil ini melaksanakan shooting namun masih lemah dan gampang diamankan oleh kiper Adelaide United.

Di akhir-akhir babak kedua, Adelaide terus menekan pertahanan Persipura, hasilnya pada menit ke-84, Sergio Van Dijk bisa mengubah skor memanfaatkan umpan datar Zenon Caravella. Skor bermetamorfosis 3 – 0 untuk Adelaide United dan bertahan sampai babak kedua usai. (RWN)