Jumat, 06 Januari 2012

Sangat Viral Derby Papua: Persipura 3 - 1 Persidafon

Persipura Jayapura masih terlalu tangguh untuk Persidafon Dafonsoro, sehabis pada pertandingan yang bertajuk “Derby Papua” ini dimenangi oleh Juara bertahan ISL isu terkini kemudian itu dengan skor 3 – 1 di depan 20 ribu pendukungnya.


Bermain di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (5/1), Persipura Jayapura megejutkan tim tamu dengan gol cepat dari pemain bertahan Persipura Ricardo Salampessy pada menit ke-4. Memanfaatkan free kick Zah Rahan, Ricardo yang bangun bebas bisa mencetak gol sehabis bola sundulannya gagal diantisipasi kiper Persidafon, Wilson Aleng.

Ketinggalan satu gol, Persidafon mulai menaikkan tempo permainan, hasilnya kedua tim mulai bermain terbuka dan keras. Jual-beli serangan terjadi antara kedua tim, beberapa kali kedua tim tersebut saling menekan, hanya saja pemain kedua tim masih belum berhasil memanfaatkan peluang. Akhirnya pada menit ke-44, Boaz Solossa berhasil mengubah skor menjadi 2 - 0. Memanfaatkan umpan Beto, Boaz berhasil melaksanakan shooting keras yang berhasil mengoyak jala Wilson Aleng dan skor tersebut menutup babak pertama.

Pada babak kedua, instruktur kedua tim melaksanakan pergantian pemain. Dari tim Persidafon, mereka memasukkan Ferdinand Pahabol dan Izak Wanggai, sementara dari tim Persipura, mereka menarik keluar sang defender Yohanis Tjoe dan memasukan Viktor Pae.

Permainan kedua tim semakin ketat pada babak kedua. Barisan belakang kedua tim saling berjibaku menghalau setiap serangan pemain depan lawan. Pendukung Persidafon kesannya bersorak dikala Patrick Wanggai memecah kebuntuan menit ke-61 sehabis bola sepakan kaki kanannya di dalam kotak penalty gagal diamankan kiper Yoo Jae Hoon, skor 2 – 1 masih untuk keunggulan Persipura. Setelah terjadi gol jawaban tersebut, Jacksen Tiago kembali melaksanakan pergantian pemain dengan menarik keluar Tinus Pae dan memasukan Imanuel Padwa guna memperkuat lini tengah tim Mutiara Hitam.

Tim Persidafon terus berusaha mengejar ketinggalan satu gol tersebut. Pada menit ke-69, instruktur Persidafon Sergei Dubrovin, memasukkan Christian Worabay. Lalu pada menit ke-72 Jacksen Tiago kembali memasukan penyerang bertubuh mungil, Lukas Mandowen dengan  menarik keluar Ian Luis Kabes.

Namun Persipura ternyata bisa memanfaatkan peluang dengan baik sehabis striker asal Brasil, Beto Goncalves, berhasil mencetak gol ketiga Persipura dimenit ke-84 setalah mendapatkan umpan bagus dari Ortizan Solossa. Pada sabung ini wasit mengeluarkan tiga kartu kuning untuk kedua tim, masing-masing untuk Yohanis Tjoe (Persipura), Itimi Dickson, Eric Bayemi (Persidafon).

Hasil ini membawa Persipura untuk sementara menguasai puncak klasemen dengan 10 poin, unggul selisih gol dari peringkat kedua Sriwijaya FC. Sebaliknya, Persidafon masih berada di urutan ke-15 dengan hanya bisa meraup tiga poin dari 5 sabung yang telah dijalaninya.(rwn)