Minggu, 15 Januari 2012

Sangat Viral Isl : Psap Sigli 0 - 1 Persipura Jayapura


Persipura Jayapura sukses meraih angka penuh dalam berkelahi tandangnya sesudah mempermalukan tuan rumah PSAP Sigli dengan skor 0 - 1di Stadion Kuta Asan dalam lanjutan Indonesian Supe League  2011/12, Minggu (15/1). Pada pertandingan ini, taktik menyerang yang diterapkan instruktur Jacksen F. Tiago menciptakan pertahanan PSAP harus bekerja keras apalagi tim berjuluk ‘Mutiara Hitam’ ini ditunjang oleh bahan pemain yang lebih baik.

Namun bukan berarti PSAP patah arang, 7 menit pertandingan berjalan, pemain PSAP mengancam pertahanan Persipura, shooting keras pemain PSAP masih gagal menemui sasaran. Di awal-awal babak pertama ini kedua tim bermain lebih berhati-hati. Namun jual-beli serangan tetap terjadi anatar kedua tim. Pada menit ke-23 kapten Persipura, Boaz Solossa mengancam pertahanan PSAP dengan
 melakukan shooting keras namun tendangannya tidak sempurna sasaran. Lalu pada menit ke-26, Beto mengancam pertahanan PSAP, sundulannya memanfaatkan umpan Ortizan Solossa masih tipis di atas mistar gawang PSAP. 30 menit pertandingan berjalan Persipura lebih bermain ball possession dengan bermain dari kaki ke kaki.

Akhirnya pada menit ke-33, memanfaatkan umpan Yustinus Pae, Boaz berhasil menjebol gawang PSAP Sigli. Kapten tim Persipura Jayapura ini tidak menyianyiakan peluang keduanya di depan gawang PSAP. Skor berubah 0 – 1 untuk keunggulan Persipura sekaligus menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, tim tuan rumah lebih mengambil inisiatif serangan sesudah tertinggal satu gol. Beberapa kali pemain PSAP Sigli mengancam pertahanan Persipura. Namun pertahanan Persipura yang di galang Ricardo Salampessy cs masih terlalu tangguh. Asik menyerang, tim tuan rumah melupakan pertahanannya, melalui crossing dari Boaz, Beto melaksanakan sundulan yang masih menipis di atas mistar gawang PSAP.

Beberapa kali kedua tim saling mengancam, namun pemain-pemain kedua tim gagal memanfaatkan peluang yang ada. Pada menit ke-73, pemain Persipura, Yustinus Pae ditarik keluar alasannya yaitu cedera, digantikan oleh Christian David Uron. Penjaga gawang PSAP Fakrurrazi bermain cemerlang untuk mementahkan peluang yang diperoleh Persipura sepanjang pertandingan. Memasuki menit ke-90, Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago memasukkan Lukas Mandowen dan David Laly menggantikan Gerald Pangkali dan Beto. Sampai wasit Jerry Elly meniupkan peluit panjang menandakan babak kedua telah selesai, tidak ada gol yang terjadi lagi, skor tetap 0 – 1 untuk keunggulan Persipura Jayapura.

Kemenangan itu menciptakan Persipura melekat Sriwijaya FC di puncak klasemen sementara. Kedua tim sama-sama mengoleksi nilai 16 dari tujuh berkelahi yang sudah dijalani, namun Persipura kalah selisih gol. Sebaliknya bagi PSAP, kekalahan ini cukup menyakitkan, mengingat mereka belum pernah meraih kemenangan, dan terdampar di peringkat ke-16 klasemen dengan nilai satu dari lima pertandingan.(rwn)